Perguruan tinggi adalah salah satu institusi yang mempunyai peran dalam mencerdaskan bangsa. Sebagai lembaga pendidikan, output yang dihasilkan perguruan tinggi diharapkan berupa individu-individu yang memiliki sumber daya manusia yang mumpuni sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional. Institut Agama Islam Negeri Langsa sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Aceh sangat memahami hal ini.

Sejak peralihan status dari sekolah tinggi menjadi institut, minat calon mahasiswa untuk kuliah di IAIN Langsa menjadi semakin besar. Kampus pun terus berbenah diri demi menampung kebutuhan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan adanya penambahan fakultas dan program studi-program studi baru demi menghasilkan lulusan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan zaman.

Selama menjalani studi di kampus, para mahasiswa diberikan ilmu pengetahuan berupa teori dan praktikum sesuai bidang ilmu masing-masing. Mereka juga melaksanakan magang di berbagai instansi untuk mengetahui secara langsung penerapan teori yang mereka pelajari di lingkungan kerja. Sebelum menyelesaikan studi, mahasiswa juga diwajibkan mengikuti Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) sebagai bentuk pelayanan kepada publik serta menyusun tugas akhir.

Namun demikian, setelah para mahasiswa dinyatakan lulus dan memasuki dunia kerja, hubungan dengan kampus kadang kala terputus. Hal ini disebabkan belum adanya pengelolaan dan pemetaan alumsi yang tersistem dengan baik. Padahal data dan manajemen alumni merupakan salah satu unsur penting dalam akreditasi suatu perguruan tinggi. Untuk memfasilitasi hubungan alumni dengan kampus serta membantu pertumbuhan dan perkembangan karir calon alumni, maka dibentuklah lembaga Career Development Centre (CDC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *